MARI BERBAGI PENGETAHUAN,
PENDAPAT ANDA SANGAT BERMANFAAT.

Tuesday, March 8, 2011

Pekerja Sosial

  
       Menurut International Federation of Social Worker, Pekerja sosial adalah sebuah profesi yang mendorong perubahan sosial, memecahkan masalah dalam kaitannya dengan relasi kemanusiaan, memberdayakan dan membebaskan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya. Menurut Zastrow, Pekerja sosial merupakan sebuah aktivitas profesional dalam menolong individu, kelompok dan masyarakat dalam meningkatkan atau memperbaiki kapasitas mereka agar berfungsi sosial dan untuk menciptakan kondisi-kondisi masyarakat yag kondusif dalam mencapai tujuannya.
Dari definisi tersebut dapat dilihat bahwa pekerjaan sosial merupakan sebuah disiplin ilmu yang berkepentingan untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat. Pekerja Sosial sangat dekat dengan masyarakat karena bahan cakupannya adalah permasalahan dalam masyarakat, namun sangat disayangkan pekerjaan sosial atau yang sering disebut dengan peksos sangat kurang dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Hal-hal yang menyebabkan Peksos kurang dikenal adalah pertama karena Istilah yang dipakai kurang spesifik dan kurang tegas sebab semua orang yang bergerak dalam bidang kemanusiaan juga menyebut dirinya peksos, kedua karena stigma atau paradigma masyarakat yang menganggap bahwa pekerjaan sosial merupakan pekerjaan sukarela yang tidak dibayar sehingga muncul kesan kurang dihargai dan tidak diminati masyarakat, dan yang ketiga bahwa profesi praktiknya peksos tergantikan oleh profesi lain seperti oleh psikolog,dll.
Hal tersebut sangatlah mengharukan sebab begitu mulianya pekerjaan seorang pekerja sosial namun tidak dihargai sama sekali oleh masyarakat Indonesia sedangkan di negara-negara maju seorang pekerja sosial sangat dihargai dan diminati dan merupakan suatu pekerjaan yang menjanjikan. Seorang pekerja sosial bagaikan lilin yang mengorbankan jiwa dan raganya kepada masyarakat yang lemah, rentan dan membutuhkannya namun meleleh sebab tak ada apresiasi ataupun sedikit dihargai oleh masyarakat Indonesia.
Pekerja sosial merupakan suatu profesi, Menurut charles sastro komponen dasar pekerja sosial sehingga dapat dikatakan sebagai profesi pekerjaan sosial adalah
1.      Knowledge : Pemahaman teoritis ataupun praktis yang terkait dengan cabang-cabang ilmu pengetahuan, belajar, seni, yang melibatkan penelitian maupun praktek serta pengembangan keterampilan. Seorang peksos dalam studinya tidak hanya mempelajari satu disiplin ilmu saja tapi beberapa disiplin ilmu yang saling terkait dengan profesi  peksos, seperti mempelajari psikologi, sosiologi,logika,dsb.
2.             Skill : kemampuan, keahlian, atau kemahiran yang diperoleh dari praktek dan pengetahuan, seorang peksos  memiliki kemahiran dalam komunikasi seperti dalam melakukan assassment dan intervensi.
3.              Value : Sesuatu yang dianggap benar.

No comments:

Post a Comment