MARI BERBAGI PENGETAHUAN,
PENDAPAT ANDA SANGAT BERMANFAAT.

Sunday, November 10, 2013

Panduan Asesmen Biopsikososial Spiritual

Bio : 
  1. Gambaran fisik klien : Jenis kelamin, umur, berat badan, tinggi badan, kecacatan (jika ada), dan tanda kekerasan atau penelantaan jika ada.
  2. Penampilan Klien : Cara berbicara, kehangatan, respon awal terhadap wawancara, body expression, dll
  3. Status Kesehatan : Apakah ada diagnosis penyakit? Layanan kesehatan apa yang diterima klien? apakah klien telah berkonsultasi dengan sumber lain tentang jenis penyembuhan untuk masalah kesehatan? apakah sedang menggunakan obat? catatan kesehatan dan pengobatannya. Apakah kecanduan terhadap narkotika atau alkohol? apakah status kesehatannya merupakan masalah dalam rencana masalah dalam rencana pelayanan?  
Psiko :
  1. Gambaran tentang kondisi emosi klien : cara bicara, respon terhadap suatu masalah, pola pikir klien, dan pikiran-pikiran dia kepada situasi yang dihadapinya.
  2. Kesehatan jiwa : Adakah bukti tentang masalah kesehatan jiwa seperti depresi, gelisah ekstrim, gangguan kognitif? psikosis? bagaimana masalah kesehatan jiwa ini berpengaruh dalam keberfungsian sosialnya? 
  3. Catatan menjadi korban : Pengalaman trauma, kekerasan dan penganiayaan? asesmen resiko.Seberapa amankah lingkungannya sekarang ini? Faktor resiko keselamatan apa yang ada dalam kehidupan klien saat ini? 
Sosial : 
  1. Situasi saat ini dan sejarah perpindahan : Latar belakang pedesaan atau perkotaan? daerah asal? jika pernah pindah apa alasannya? sudah berapa lama mendiami tempat tinggal saat ini? bagaiaman keterikatan klien dengan tempat asalnya? seberapa sering mengunjungi atau berhubungan dengan orang disana? Tempat apa yang sangat penting bagi klien (dapat menggunakan peta). 
  2. Pekerjaan dan status keuangan (orangtua/pengasuh utama/wali) : Apa pendapatannya, dari pemerintah atau dari sumber lain yang diterima oleh klien? siapa yang bekerja dalam keluarga? apa pekerjaannya? apakah klien mendapatkan penghasilan yang cukup untuk pemenuhan kebutuhan dasar? bagaimana caranya mendukung atau mengatasi masalah sehubungan dengan permasalahan yang dirancang dalam rencana pelayanan? apa kesulitan untuk mendapatkan lebih banyak sumber penghasilan?
  3. Hubungan dan Peran dalam keluarga : Riwayat keluarga dan isu signifikan yang dihadapi oleh keluarga dimasa lalu dan saat ini. Termasuk status perkawinan yang formal dan informal, peran anggota keluarga dan konflik antar peran, struktur keluarga, kompleksitas latar belakang budaya dalam keluarga, hubungan keterikatan/kelekatan klien dengan keluarga atau dengan orang penting lainnya di luar keluarga? siapa dan seberapa sering anak berkomunikasi? peran anggota keluarga/ orang penting lain dalam proses pengasuhan dan perawatan terhadpa klien, siapa yang lakukan apa dalam lingkungan keluarga.
  4. Keberfungsian sekolah dan keberfungsian dari institusi lainnya : bagaimana penampilan klien di sekolah, pelaksanaan tugas-tugas sehari-hari, bagaimana kemampuan menghadapi stress/tekanan,bagaimana relasi klien dengan teman, atau guru, atau atasan, bagaimana keluarga dapat  menjamin akses pendidikan? bagaimana sekolah mampu mendukung kemampuan klien? 
  5. Keberfungsian rekan/teman Relasi klien dengan teman-temannya di rumah/komunitas asal? disekolah? di panti? ditempat kerja?
Spiritual : 
  1. Data spiritual : Apa identitas budaya klien? apa agama yang saat ini dianut? bagaiamna agama menjadi pendukung atau hambatan bagi klien? apa sumber inspirasinya? apa moto/prinsip hidupnya? Apa ada sesuatu yang memeberi makna kehidupan klien? Bagaimana pandangan spiritual klien terhadap situasi dan permasalahan yang dihadapi serta terhadap masa depannya?
  2. Budaya : Bagaiamankah nilai-nilai budaya mempengaruhi klien, bagaiaman pandangan klien, apa saja yang berpengaruh. 

Alat asesmen : 
  1. Time line
  2. Diagram Venn
  3. Peta jalan kehidupan
  4. Mobility Map
  5. Body Map

No comments:

Post a Comment